Petani Rumput Laut di Lembongan Kembali Menggeliat - Beritabali.com

Ekbis

Petani Rumput Laut di Lembongan Kembali Menggeliat

Senin, 27 Desember 2021 | 13:45 WITA
Petani Rumput Laut di Lembongan Kembali Menggeliat

beritabali/ist/Petani Rumput Laut di Lembongan Kembali Menggeliat.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KLUNGKUNG.
Semenjak Pandemi Covid-19 menerpa Bali khususnya Lembongan, Nusa Penida, Klungkung membuat pelaku pariwisata lumpuh total.
Hal tersebut disebabkan karena sebagian besar masyarakat sangat menggantungkan hidup di sektor pariwisata. Meskipun demikian tidak seluruh pekerja pariwisata menyerah begitu saja, tetapi masih sebagian yang tetap berdiri tegak pantang menyerah untuk bertahan hidup.
Seperti salah satunya dilakukan I Kadek Sukarca yang merupakan pekerja pariwisata di Nusa Lembongan yang ikut terdampak Pandemi covid-19. Ia kemudian beralih banting setir kembali menjadi petani rumput laut.
Hal tersebut menurutnya tidak sulit dilakoni, karena orang tuanya memang seorang petani rumput laut. Dengan menjadi petani rumput laut, dirinya mengaku telah mampu meraup jutaan rupiah per bulan dari hasil ratusan kilogram per bulannya.
"Kembali ke rumput laut berjenis rumput laut Sakul Katoni memang sebelumnya pada 1985 di Lembongan beberapa orang tua kami telah menjadi petani rumput laut dengan jumlah kelompok saat itu sebanyak 9 kelompok," jelasnya.
Tahun 1990, lanjutnya, panen rumput laut pernah mencapai ton ton-an dalam sebulan dari permintaan beberapa negara mancanegara.
"Dulu lebih besar hasil panennya perbulan mampu mencapai 1,5 ton pada 1990 dengan tujuan ekspor ke Jepang, Amerika dan negara Belanda dengan harga jual per kilo saat itu mulai Rp5 ribu hingga Rp7 ribuan," paparnya.
Halaman :

TAGS : Rumput Laut Pelaku Pariwisata Petani Desa Lembongan Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Pengembang Desain Web, SEO, Branding, Digital Marketing Bali

Kami pengembang web di Bali, desain web, layanan SEO, agensi digital marketing, branding media sosial, pengembang aplikasi berbasis web dan mobile yang akan membantu menciptakan nilai dari bisnis Anda.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Klungkung Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV