Petani Hortikultura di Negara Raih Omzet Rp100 Juta - Beritabali.com

Ekbis

Petani Hortikultura di Negara Raih Omzet Rp100 Juta

Kamis, 07 Oktober 2021 | 23:35 WITA
 Petani Hortikultura di Negara Raih Omzet Rp100 Juta

beritabali/ist/ Petani Hortikultura di Negara Raih Omzet Rp100 Juta.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
I Putu Adi Darmayanta (34) sebelumnya seorang karyawan obat-obatan khusus petani Banjar Puana Desa Tegalbadeng Barat Kecamatan Negara. 
Lantas ia memutuskan menjadi petani yang ulet sejak 10 tahun dengan mediasi tanaman cabe, tomat, bung gumitir, terong, kacang panjang. Tanaman ini berjenis tanaman Hortikultura. Ia bekerja bersama keluarga untuk menghasilkan untuk kebutuhan hidup.
I Putu Adi Darmayanta hidup sederhana bersama istri dan 3 anak sebagai petani hortikultura dan juga menjual berbagai jenis obat tanaman dan pupuk. Ia juga memiliki kios Bhakti Pertiwi dengan menjual bibit tanaman dan pupuk.
"Memanfaatkan lahan tanah yang di belakang rumah kurang lebih 1 are dan untuk sawah sekitar 20 are. Tanaman hortikultura ini dalam masa pembibitan 1 bulan dari masa tanam benih. Dalam tanam media modern tray semai bibit dan bahan memanfaatkan limbah cocofit dan limbah arang sekam. Untuk arang sekam limbah pabrik dimanfaatkan dari pabrik penggilingan padi," ungkapnya.
Untuk tanam Hortikultura ini berbagai jenis varian yang dengan harga relatif beda seperti tomat, cabe, dan terong seharga 300-400 rupiah per-pohon. Sedangkan tanaman bunga gumitir dengan harga seribu per pohon.
Untuk pemasaran bibit Hortikultura itu, ia menyasar petani-petani yang ada sekitar jembrana. Akan tetapi untuk hasil bibit yang ditanam sendiri dipasarkan seputar wilayah negara.
"Kesulitan sebagai petani hortikultura ini adalah pemasaran karena masih bersifat tradisional. Akibat volume produksi yang masih minim," jelasnya.
Halaman :

TAGS : Jembrana Tanaman Hortikultura Petani Omzet Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritaklungkung.com - Media Online Klungkung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Klungkung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Jembrana Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV