Lahan Tidak Produktif di Mengwi Mampu Produksi 5 Ton Jeruk - Beritabali.com

Ekbis

Lahan Tidak Produktif di Mengwi Mampu Produksi 5 Ton Jeruk

Sabtu, 03 Juli 2021 | 23:35 WITA
Lahan Tidak Produktif di Mengwi Mampu Produksi 5 Ton Jeruk

beritabali/ist/Pemuda asal Mengwi mampu mengubah lahan produktif jadi kebun jeruk.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Saat ini bisa dikatakan masih jarang anak muda mau terjun mengolah lahan pertanian, apalagi mengolah lahan pertanian tidak produktif menjadi produktif.
Tentu hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, membutuhkan ketekunan, keuletan, semangat serta konsistensi. Seperti halnya Seperti halnya dilakukan salah satu warga Banjar Pandean, Mengwi, Badung I Nyoman Gede Adiasa selaku pengelola dan pemilik  lahan I Nyoman Dwi Suarna Artha, saling berkolaborasi dan mampu mengolah lahan pertanian seluas 60 Are di lingkungan Subak Tinjak Menjangan, Mengwi, Badung.
Dulunya lahan yang tidak produktif, namun sekarang telah mampu diolah menjadi lahan pertanian dengan ditanami buah jeruk varian Siem yang masih jarang ditanam di daerah Mengwi.
"Pada 2018 akhirnya ditanami buah jeruk ini, sempat beberapa orang meragukan bahwa jeruk ini tidak akan mampu tumbuh dengan baik. Tetapi, hal tersebut tidak terbukti buah tumbuh dengan baik," paparnya, Sabtu (3/7).
Hamparan jeruk tersebut telah sempat dipanen pada 2021 dari awal menanam pada 2018. Pada musim panen mampu mampu memetik 250 sampai 350 kg Jeruk per hari.
"Dari sebanyak 850 tanaman buah Jeruk telah mampu memperoleh total hasil panen kurang lebih 5 ton," ujarnya.
Artha menambahkan, untuk pasarnya masih bisa diserap dengan baik terutama pada rahinan. Untuk umur satu pohon jeruk ia menyebut 8 bulan sudah tidak produktif lagi.

Penulis : Agung Gede Agung

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Lahan Pertanian Subak Tinjak Menjangan Jeruk Rahinan


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV