Viral Mercy Hadang Damkar, Ini Alasan Pengemudi Mobil - Beritabali.com

Otomotif

Viral Mercy Hadang Damkar, Ini Alasan Pengemudi Mobil

Senin, 29 Maret 2021 | 15:55 WITA
Viral Mercy Hadang Damkar, Ini Alasan Pengemudi Mobil

bbn/tangkap layar di media sosial

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Viralnya mobil Mercedes Benz atau Mercy plat DK 89 YP yang menghalang-halangi laju mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, ditindaklanjuti jajaran Ditlantas Polda Bali. 
Mobil mewah yang dikendarai penumpang wanita bernama Lamianti Pamungkas tersebut sudah dipanggil. "Ya sudah dipanggil dan kita berikan edukasi terhadap yang bersangkutan," tegas Direktur Lantas Polda Bali Kombes Pol Indra SIK, pada Senin (29/3/2021). 
Ditanya apa penyebab mobil tersebut tidak memprioritaskan mobil damkar lewat? Menurut Kombes Indra, dari hasil pemeriksaan pemilik mobil mengaku panik melihat ada mobil damkar. 
"Dari keterangannya ia panik ada mobil damkar di belakangnya. Nah setelah lewati persimpangan yang bersangkutan akhirnya menepi," terang perwira melati tiga di pundak itu. 
Sebagaimana diinformasikan, sebuah video berdurasi 1 menit beredar di media sosial terkait mobil Mercedez Benz menghalang-halangi laju mobil damkar BPBD Kota Denpasar. Padahal mobil damkar sedang gawat-gawatnya menangani kebakaran di rumah dr. Widia di Jalan Pemogan, Denpasar Selatan. 
Kejadian itu diperkirakan terjadi di ruas Jalan Teuku Umar Timur hingga Jalan Diponegoro, Denpasar, pada Minggu (28/3/2021) sekitar pukul 10.00 WITA. 
Walau sopir damkar sudah berkali-kali mengklakson pengendara mobil agar menepi tetap tidak digubris. Bahkan mobil tersebut tidak memprioritaskan petugas damkar untuk mendahului. 
Setibanya melewati simpang Diponegoro-Teuku Umar, Denpasar, mobil Damkar akhirnya bisa menyalip dan dilanjutkan mengklakson lama ke arah pengemudi mobil.
Kejadian heboh ini lalu diunggah dan viral di medsos hingga tersebar luas sejak dua hari lalu. Unggahan itu ditujukan kepada pemilik mobil Mercedes Benz. Berikut isi unggahan tersebut. 
"Teruntuk Mercedes Benz plat DK 89 YP, yang tidak mau menepi saat Damkar BPBD Kota Denpasar menjalankan tugas, Anda tuli gak dengar klakson kenceng? Gak lihat cahaya rotary yang terang? 
Undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan nomor 22 tahun 2009 sudah jelas mengatakan Damkar prioritas pertama lalu diikuti ambulance di posisi kedua.
 Anda menghalangi petugas yang berpacu dengan waktu. Tolong pahami aturan itu. Mercy mu tidak ada apanya dibandingkan dengan pemadam kebakaran yang saat mereka bertugas. Semoga Anda tidak pernah mengalami musibah kebakaran."
"Sementara itu Komandan Regu Damkar BPBD Kota Denpasar Gung Aji Sujendra mengatakan bahwa yang posting itu adalah petugas relawan Penanggulangan Bencana Purwa Narayana. 
Dibenarkannyaa, tim damkar sedang sibuk menangani kebakaran di rumah dokter Widia di Pemogan Denpasar Selatan, Minggu (28/3/2021). 
Bahkan beberapa tim yang kehabisan air harus mondar mandir untuk mencari air dan mengisi tangki di mobil Damkar yang kosong. 
"Dari jam 10 pagi, dari pos induk Denpasar. Pas lagi gawat-gawatnya kesana kemari mencari air. Tidak hanya dari Pos Denpasar, dari Badung pun ada itu ikut membantu. Tapi mobil itu tidak memprioritas mobil damkar untuk mendahului. Sudah diamankan dia," bebernya.

Penulis : Surya Kelana

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Mercy Damkar Panik Viral Kebakaran


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



Ekbis Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV