Produk Olahan Rumahan di Darmasaba Berpeluang Dipasarkan Lewat BUMDes - Beritabali.com

Ekbis

Produk Olahan Rumahan di Darmasaba Berpeluang Dipasarkan Lewat BUMDes

Kamis, 08 April 2021 | 23:55 WITA
Produk Olahan Rumahan di Darmasaba Berpeluang Dipasarkan Lewat BUMDes

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Agar produk dihasilkan mampu diserap pasar tentunya produk ditawarkan harus memiliki kekhasan, keunikan maupun cita rasa berbeda dari produk sejenis.
Misalnya produk olahan rumahan para UMKM di Desa Darmasaba seperti olahan berbahan baku daging babi mapun Sapi.  Adapun salah satu produknya berupa kerupuk babi yang sempat telah dikirim secara pribadi sampai ke luar Bali dan mendapat respon positif.
"Saya peribadi contohnya, telah sempat mengirim kerupuk-kerupuk Babi tersebut ke Jakarta. Jadi itu bisa dikatakan sebagai prospek," ungkap Perbekel Desa Darmasaba, I.B.Surya Prabhawa.
Melihat peluang tersebut setidaknya Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) nantinya dapat menjadi pengepul produk dari pelaku UMKM di Desa Darmasaba misal berupa produk olahan krupuk Babi, Urutan, Abon Babi, Ayam tentunya dengan kemasan yang rapi dan menarik ditawarkan.
Nantinya BUMdes akan mampu memasarkan ke luar Desa. Selain itu juga, BUMdes akan mampu mencarikan izin Pangan Industri Rumah Tangga sehingga, dapat menjajaki pasar nantinya. Selain itu juga BUMdes nantinya akan diajak turut serta menjajaki pasar-pasar yang ada termasuk ke pasar modern.
"Jadi, ini merupakan target kita jangka panjang dan bersinergi dengan BUMdes," katanya.
Sebagian besar masyarakat Desa Darmasaba diketahui berprofesi sebagai tukang potong hewan Babi muapun Sapi.  Hal itu bisa dilihat di sejumlah pasar di Badung, Tabanan maupun daerah Gianyar rata-rata daging sapi dan babi berasal dari daerah Desa Darmasaba.

Penulis : Agung Gede Agung

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV