Geliatkan Ekonomi, Pemerintah Didorong Segera Gelontorkan Belanja Negara - Beritabali.com

Ekbis

Geliatkan Ekonomi, Pemerintah Didorong Segera Gelontorkan Belanja Negara

Jumat, 26 Februari 2021 | 22:20 WITA
Geliatkan Ekonomi, Pemerintah Didorong Segera Gelontorkan Belanja Negara

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pengamat ekonomi, perbankan dan pariwisata yang juga Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Prof Dr IB Raka Suardana, SE,MM merekomendasikan sejumlah usulan tentang upaya pemulihan ekonomi saat pandemi.
Pertama ia mnyampaikan agar geliat ekonomi dapat berjalan, maka kebijakan pemerintah berupa kebijakan fiskal seperti belanja negara harus digelontorkan sedini mungkin. Proyek-proyek pemerintah harus dapat dijalankan di triwulan I atau paling lambat awal triwulan II tahun anggaran 2021.
"Jika proyek-proyek pembangunan dijalankan, maka ada dana beredar di masyarakat. Dana yang beredar ini akan berputar menimbulkan multiplier effect (efek pengganda) yang menggerakkan ekonomi," ujarnya pada Jumat (26/2) di Denpasar.
Selain itu, program bantuan langsung tunai atau BLT tetap dikucurkan untuk mengurangi kemiskinan karena orang yang tidak berpendapatan akan mampu belanja. Jika nantinya uang yang diperoleh masyarakat yang kurang mampu dibelanjakan, maka para pedagang kecil juga akan peroleh pendapatan.
"Pendapatan para pedagang ini akan dibelikan bahan baku. Pemilik bahan baku akan memperoleh uang, yang kemudian dibelanjakan lagi. Semua itu menjadikan ekonomi bergeliat," jelasnya.
Jika dilihat saat ini, menurutnya, pandemi telah mempora-porandakan berbagai tatanan, bukan hanya kesehatan saja, namun ekonomi dan sosial yang pengaruhnya sangat besar. Jika dilihat kontraksi (penurunan) ekonomi sangat dalam (-12,31%), artinya geliat ekonomi turun drastis. 
Sehingga kemudian menyebabkan pengangguran dan kemiskinan tentu bertambah. Pemerintah Provinsi Bali, kata dia, secara umum telah berusaha maksimal menyelamatkan ekonomi kecil bersamaan dengan penyelamatan kesehatan. Berbagai kebijakan diusahakan berbarengan, namun karena daya beli masyarakat yang merosot, hasilnya belum maksimal.

Penulis : Agung Gede Agung

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Pemulihan Ekonomi Geliat Ekonomi Pandemi Belanja Negara


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV