Musim Penghujan, Produksi Kerajinan Gerabah Menurun - Beritabali.com

Ekbis

Musim Penghujan, Produksi Kerajinan Gerabah Menurun

Selasa, 07 Desember 2021 | 17:00 WITA
Musim Penghujan, Produksi Kerajinan Gerabah Menurun

beritabali/ist/Musim Penghujan, Produksi Kerajinan Gerabah Menurun.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Kondisi cuaca tidak menentu membuat salah satu usaha kecil kerajinan gerabah misalnya mengalami penurunan produksi.
Kondisi tersebut disebabkan karena curah hujan meningkat dibarengi tidak adanya sinar matahari sebagai pengering gerabah-gerabah sebelum masuk ke tahap pembakaran.
Kondisi tersebut dirasakan, salah satu pengerajin gerabah, Ibu Putu di Banjar Basang Tamiang, Mengwi, Badung saat ditemui di sela aktivitasnya merapikan gerabah hasil karyanya. Ia mengatakan, memang sangat berpengaruh dengan produksi kondisi cuaca seperti saat ini. Apalagi kerajinan berbahan baku tanah liat ini sangat tergantung dengan sinar matahari.
"Hujan-hujan begini. Ya, tentu penurunan produksi terjadi," katanya lugas, Selasa,(7/12).
Jadi dalam berroduksi saat ini akhirnya memperhatikan kondisi cuaca. Cuaca bagus maka pekerjaan dilakukan dengan maksimal dan begitu juga sebaliknya.
"Jika hujan tak lihat turun ya sedikit membuat gerabahnya, dan sebaliknya tak lihat cuaca mendukung ya digarap saja," jelasnya.
Sementara, pengrajin lainnya,  I Ketut Subrata menambahkan kondisi turunnya hujan tidak hanya menghambat produksi, namun juga berdampak pada datangnya bahan baku berupa tanah liat yang ikut terhambat. Hal tersebut disebabkan sulitnya mencari tanah liat juga prosesnya yang sangat tergantung juga dengan cuaca.
"Tidak hanya produksi kami saja terhambat Pak, bahan baku juga sulit didapat dalam kondisi hujan-hujan begini," sebutnya.
Halaman :

TAGS : Kerajinan Gerabah Tanah Liat Gerabah Pengeringan Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritabadung.id - Media Online Badung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Badung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Badung Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV