2 Sumber Pendapatan Pemkab Tabanan untuk Kejar Target PAD Rp391 Miliar - Beritabali.com

Ekbis

2 Sumber Pendapatan Pemkab Tabanan untuk Kejar Target PAD Rp391 Miliar

Kamis, 18 Maret 2021 | 22:55 WITA
2 Sumber Pendapatan Pemkab Tabanan untuk Kejar Target PAD Rp391 Miliar

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Masa pandemi Covid-19 tentunya menjadi tantangan berat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil  untuk bisa mencapai Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai dengan nominal yang ditargetkan. 
Dimana untuk tahun 2021, PAD Kabupaten Tabanan dipasang sebesar Rp391 Miliar. Upaya menggenjot potensi pendapatan pun terus dilakukan, seperti yang dilakukan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Tabanan yang mengintensifkan pada pendapatan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) dan Pajak Penerangan Jalan.
Kepala Bakeuda Tabanan, Dewa Ayu Sri Budiarti menjelaskan, di masa pandemi covid yang masih berkepanjangan sampai saat ini, tentu saja dari sisi pendapatan pajak hotel dan restaurant tidak memungkinkan. Dan satu-satunya kiat untuk menggenjot PAD dengan melakukan pencetakan SPPT . 
“Sudah kita cetak sekarang dari PBB-P2, dan kita juga mohon bantuan Camat dan Perbekel sampai dengan kepala wilayah untuk menyebarkan seluruh SPPT yang sudah kita cetak,” terangnya, Kamis (18/3).
Terkait mengoptimalkan sumber pendapatan dari pajak, lanjut kata Dewa Budiarti kini juga sudah menerapkan pembayaran dengan sistem online. Dengan harapan pembayaran PBB -P2 dari masyarakat dapat dilakukan maksimal karena ini menyentuh masyarakat langsung. 
“Kami juga memohonkan agar ASN jadi contoh untuk pembayarannya,” ucapnya.
Dan untuk potensi  pendapatan lainnya yakni dari pajak penerangan jalan, yakni sebesar Rp 26 miliar di tahun 2021. “Untuk PJJ ini masyarakat yang membayar ke PLN, dan PLN yang menyetorkan ke kas daerah,” terangnya. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Sumber Pendapatan PAD Tabanan Pajak Covid-19 Tabanan


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV