KPR DP 0% dan Bebas Pajak, Sri Mulyani: Saatnya Beli Mobil dan Rumah Sekarang - Beritabali.com

Ekbis

KPR DP 0% dan Bebas Pajak, Sri Mulyani: Saatnya Beli Mobil dan Rumah Sekarang

Rabu, 03 Maret 2021 | 12:05 WITA
KPR DP 0% dan Bebas Pajak, Sri Mulyani: Saatnya Beli Mobil dan Rumah Sekarang

bbn/ilustrasi/net

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Untuk mendongkrak belanja konsumsi masyarakat, sehingga bisa menopang pertumbuhan ekonomi, Pemerintah menggelontorkan berbagai insentif pajak.
Yakni mulai dari pembebasan PPnBM pembelian mobil baru, pembebasan PPN untuk pembelian rumah dan apartemen, serta KPR DP 0 persen
Untuk memanfaatkan insentif tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyarankan, agar masyarakat yang memiliki rencana untuk membeli rumah dan mobil, agar segera merealisasikan rencana tersebut.
Berbagai insentif tersebut mulai berlaku Senin, 1 Maret 2021. Diskon PPnBM pembelian mobil baru hingga 100 persen, diberikan sampai Mei 2021. Untuk setiap 3 bulan selanjutnya, diskon akan menurun jadi 50 persen pada Juni-Agustus 2021, lalu jadi 25 persen pada September-November 2021.
"Diskon PPnBM 100 persen hanya untuk tahun ini, berlaku sampai Mei. Tidak perlu dibayar atau terutang atas penyerahan kendaraan bermotor berlaku sampai Mei saja. Jadi kalau mau beli mobil sebaiknya sekarang sampai dengan Mei," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin (1/3). 
Sementara untuk pembebasan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) pembelian rumah dan apartemen baru, berlaku 1 Maret-31 Agustus 2021. Pembebasan pajak PPN berlaku untuk unit properti hingga seharga Rp 2 miliar. Sedangkan untuk yang berharga Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar, diberi diskon PPN sebesar 50 persen.
Insentif lain di industri perumahan dan properti, diberikan Bank Indonesia (BI) dengan melonggarkan alokasi kredit terhadap total nilai pembelian (loan to value/LTV) hingga 100 persen. Sehingga konsumen bisa mendapat KPR DP 0 persen.
Sri Mulyani pun menjelaskan, kebijakan insentif tersebut memang dirancang untuk memacu kepercayaan masyarakat agar melakukan belanja konsumsi. Dengan demikian, harapannya pemulihan ekonomi bisa segera terpacu.
"Jadi kita memang sengaja mendesain agar front loading, tujuannya memacu confidence dan secara simultan meningkatkan pemulihan ekonomi," ujar Sri Mulyani. 

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Insentif Pajak Sri Mulyani KPR DP 0 Persen Diskon PPnBM


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV