Tabanan Dapat Bantuan Pengembangan Cabai, Ini Wilayah yang Disasar - Beritabali.com

Ekbis

Tabanan Dapat Bantuan Pengembangan Cabai, Ini Wilayah yang Disasar

Jumat, 08 Januari 2021 | 23:10 WITA
Tabanan Dapat Bantuan Pengembangan Cabai, Ini Wilayah yang Disasar

bbn/ilustrasi/net

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JAKARTA.
Dinas Pertanian kabupaten Tabanan melalui bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura menyebutkan pada 2021 seluas 75 hektare lahan milik petani di tiga kecamatan akan mendapat bantuan pengembangan tanaman cabai merah dari Kementrian Pertanian.
Calon petani yang tersebar di tiga kecamatan yang mendapat bantuan ini yakni di kecamatan Baturiti, Marga dan Penebel. Plt Kabid Tanaman Pangan dan Holtikuktura Dinas Pertanian Tabanan, I Gusti Ngurah Ketut Wicahyadi menjelaskan, calon petani yang tersebar di tiga kecamatan yang diusulkan mendapatkan bantuan ini, adalah petani yang sudah terbiasa melakukan kegiatan penanaman tanaman hortikultura di daerah ini. 
“Bantuan seluas 75 hektar ini dibagi jadi 2, dengan rincian 50 hektar khusus cabai besar pengembanganya diberikan kepada Kecamatan Baturiti dan 25 hektar khusus cabai rawit diberikan pada Kecamatan Marga dan Penebel,” katanya, Jumat (8/1).
Alasan diberikannya bantuan pengembangan tanaman cabai merah ini lantaran di tiga wilayah kecamatan tersebut memiliki potensi hasil cukup bagus, apalagi pengembangan cabai besar di Kecamatan Baturiti. 
Dimana di tahun 2020, kalangan masyarakat petani di kabupaten Tabanan batal mendapatkan bantuan untuk pengembangan tanaman cabai merah ini dikarenakan adanya pengurangan anggaran untuk kegiatan ini dari pemerintah pusat. “Tahun 2020 sebelumnya direncanakan dapat pengembangan seluas 25 hektar tetapi ditunda lantaran terjadi recofusing anggaran pandemi Covid-19,”terangnya.
Untuk saat ini proses penerimaan bantuan tersebut masih di tahap verifikasi kegiatan untuk CPCL (Calon Penerima dan Calon Lokasi). Setelah proses ini selesai baru akan ditetapkan SK yang rencananya selesai akhir Januari 2021. "Setelah penetapan SK baru nanti mengetahui kelompok mana yang akan mendapat program pengembangan ini," jelas Wicahyadi.

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Tabanan Bantuan Pengembangan Tanaman Cabai Merah Kementrian Pertanian Pandemi Covid-19


Beritabali.com menyelenggarakan Webinar

Setiap pelaku usaha yang memiliki produk tentu punya keinginan untuk memperluas pasarnya hingga menembus pasar internasional. Namun banyak yang belum tahu bagaimana sebenarnya prosedur atau mekanisme yang biasa dilakukan oleh pelaku usaha jika akan melakukan ekspor dari Indonesia ke luar negeri? Silakan daftar disini https://www.beritabali.com/daftar



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV