Pelaku Pariwisata Bertani, Petani Desa Makin Terjepit di Masa Pandemi - Beritabali.com

Ekbis

Pelaku Pariwisata Bertani, Petani Desa Makin Terjepit di Masa Pandemi

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 08:00 WITA
petani tradisional, pandemi Covid-19, pelaku pariwisata, terjepit

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Posisi petani di daerah pedesaan di Bali yang merupakan petani dengan lahan garapan sempit kini semakin terjepit di tengah situasi pandemi Covid-19

Pilihan Redaksi

  • Petani Disiplin Prokes Saat Pandemi Covid-19
  • Selamatkan Petani, Prof Windia Dukung Gianyar Bangun Pabrik Jeruk
  • Para petani tradisional di pedesaan kini harus bersaing dengan pelaku pariwisata yang beralih profesi menjadi petani.  Akademisi Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Made Sarjana mengungkapkan para pelaku pariwisata yang banting setir menjadi petani tersebut merupakan para pemodal. Pemodal ini bermain di sektor pertanian, baik sebagai petani maupun pemasar produk pertanian. 
    “Sebagai petani, mereka siap berjudi mengelontorkan dana besar modal dari bekerja di pariwisata. Sehingga dia bisa produksi dalam jumlah besar. Produk pertaniannya berkualitas. Sementara petani kecil, modal kecil produknnya berkualitas jelek,” kata Sarjana dalam keterangannya di Denpasar pada Jumat (16/10).
    Menurut Sarjana, ketika pasar semakin terbatas karena hotel dan restauran tutup maka produk petani kecil menjadi tidak laku karena kalah bersaing. Petani kecil semakin kehilangan pendapatan karena pasar sudah diambil oleh produk pertanian dari pelaku pariwisata. 
    “Pemasaran petani tradisional gagal bersaing karena gagap teknologi, tidak punya media sosial. Kompetisi dalam kondisi timpang,” ujarnya. 
    Sarjana berharap adanya forum yang mampu menjembatani ketimpangan yang terjadi. Apabila ketimpangan yang ada mampu diselesaikan maka petani tradisional akan mampu bertahan. Semestinya juga para pelaku pariwisata yang beralih profesi menjadi petani dapat menjadi pendamping atau bapak asuh, sehingga pertanian Bali semakin kuat.

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Petani Tradisional Pandemi Covid-19 Pelaku Pariwisata Terjepit


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV