BPBD Bali Songsong Era 4.0 dengan Optimalkan Sistem Informasi Kebencanaan - Beritabali.com

Start up

BPBD Bali Songsong Era 4.0 dengan Optimalkan Sistem Informasi Kebencanaan

Kamis, 23 Januari 2020 | 09:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Kebencanaan merupakan keniscayaan yang kapanpun dapat terjadi. Berbagai langkah baik saat pra, saat dan pasca bencana berbasis teknologi menjadi kebutuhan guna mereduksi resiko bencana. 
Terlebih era 4.0 menuntut terobosan inovasi teknologi, sehingga BPBD beserta stakeholder lainnya dalam penta helix  punya peran penting dalam mengembangkan industri kebencanaan berbasis teknologi.
Melihat perkembangan teknologi makin pesat, Sejak tahun 2019, BPBD Provinsi Bali membangun  Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) berbasis online.  SIK dibangun  awalnya sebagai jembatan data dan informasi virtual antar BPBD Kota/kabupaten dengan BPBD Provinsi Bali terutama data kejadian bencana. Aplikasi berbasis web base akan menghimpun dan menampilkan data yang termasuk bencana dan non bencana, korban, dan infografis. 
Sebagai sebuah aplikasi yang baru diterapkan, maka terus menerus disempurnakan demi kebermanfaatan dan keberlanjutannya. Untuk itu, dilaksanakan evaluasi SIK di tahun 2019 serta rencana tahun 2020 di UPTD Pengendalian Bencana BPBD Provinsi Bali (Pusdalops), pada Rabu 22 Januari 2020. 
">Dalam sambutannya  Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali diwakili Kepala UPTD, Nyoman Petrus Surianta menyampaikan bahwa SIK adalah salah satu bersama yang bermanfaat bagi instansi kebencanaan dan masyarakat Bali. Tahun 2020 akan dioptimalkan berupa  e-relawan, e-logistik dan peralatan, serta penguatan database antar bidang didalam BPBD. Hasil SIK berupa launching e-relawan akan juga disampaikan dalam Rakorda yang akan dilaksanakan di Nusa Penida pada bulan April 2020.
Penyempurnaan beberapa fitur didalam SIK saat ini , akan segera dilaksanakan sehingga  kedepannya dapat menjadi pelaporan bersama di masing-masing BPBD Kabupaten/Kota ke pimpinan. 
Made Sapta Budiarta, dari BPBD Jembrana menyampaikan pihaknya telah menggunakan SIK ini sebagai laporan resmi kebencanaan tahun 2019 ke bapak Bupati. Dari segi data lengkap, valid dan cepat. Apalagi kedepan akan dibangun e-relawan, e-logistik akan sangat membantu untuk pergerakan dilapangan.
”Proses pendampingan akan tetap dilakukan khususnya kepada operator di masing-masing BPBD Kabupaten/Kota dan akan dilaksanakan pertemuan setiap triwulan sebagai bentuk komunikasi dan evaluasi bersama. Diharapkan kedepannya, kehadiran SIK dapat mendukung terwujudnya  pariwisata aman bencana di Bali," ujarnya. 

Penulis : Rilis Pers

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : BPBD Bali Era 4.0 Sistem Informasi Kebencanaan


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



Ekbis Lainnya :


Berita Lainnya

NEWS Jumat, 20 Maret 2020 | 18:55
Pengarakan Ogoh-Ogoh Ditiadakan, Melasti Hingga Tawur Kesanga Dibatasi
Gubernur Bali Wayan Koster, Hari ini (20/3/2020) mengeluarkan Instruksi Gubernur terkait Hari Raya N ...
NEWS Minggu, 22 Maret 2020 | 19:45
Anggaran Rp15 Miliar untuk Covid-19 di Bali, Situasi Darurat Kegiatan Pemda Ditiadakan
Musibah Covid-19 ini merupakan kegiatan di luar anggaran yang telah dianggarkan oleh Pemprov  B ...
NEWS Jumat, 06 Maret 2020 | 09:20
Bunuh Istri Siri, Rudianto Dihukum 16 Tahun Penjara
Kasus pembunuhan yang sempat heboh terjadi dekat pasar Kreneng Denpasar, oleh Rudianto (39) terhadap ...

Trending

Trending Terhangat

Berita Bali TV