Produk Pertanian Bali Diharapkan Tembus Pasar Modern dan Diserap Sektor Pariwisata - Beritabali.com

Ekbis

Produk Pertanian Bali Diharapkan Tembus Pasar Modern dan Diserap Sektor Pariwisata

Jumat, 29 November 2019 | 09:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Fakultas Pertanian Universitas Udayana melaksanakan seminar nasional pengembangan agribisnis 2019  mengusung tema, "produk pertanian Bali menapak pasar modern dan pariwisata" pada Kamis (28/11/2019) di Denpasar. 
Di sela kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, DR. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, MM, menyampaikan tema tersebut diusung karena berkaitan salah satunya dengan keluarnya Pergum Nombor 99, serta adanya upaya mensinergikan antara aturan yang dibuat oleh daerah selanjutnya disikapi akademisi.
"Setiap tahun dari jurusan agribisnis melaksanakan seminar nasional. Tema tersnut diangkat karena, dikotomi antara pariwisata dan pertanian bisa dikatakan dua kutub saling membutuhkan. Maka, pengembangan pariwisata dan pertanian bisa dikatakan saling berbagi," jelasnya.
Adanya Pergub Nombor 99, terkait buah lokal diharapkan mampu menjadi tuan rumah di sektor pariwisata. Tentu dapat didukung berbagai kebijakan karena, pembangunan di pertanian sifatnya kebijakan.
"Jika mampu nanti menegakan kebijakan, maka pembangunnan pertanian bisa saling bersinergi dengan baik misal dengan industri-industri lainnya. Maka di Fakultas Pertanian sangat mendukung, bagaimana upaya kita menyediakan produk-produk pertanian yang sifatnya berkesinambungan serta sesuai keinginan wisatawan," paparnya.
Dalam waktu dan kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, Prof.Dr.Ir.I Nyoman Gde Antara, M.Eng berharap, pelaksanaan seminar nasional nantinya, mampu dapat memperkuat kebersamaan dalam artian, dualitas antara pariwisata dan pertanian. Bahwa, pariwisata tidak ada artinya tanpa pertanian begitu juga pertanian tergantung dari pariwisata. 
"Ini merupakan harapan kita bersama, bagaimana dualitas dapat diperkokoh kedepan. Di lain pihak telah dibantu dengan Pergub buah lokal sehingga kedua sektor tersebut bisa saling mengisi serta memperkuat," tutupnya. 

Penulis : Agung Gede Agung

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Produk Pertanian Bali Tembus Pasar Modern Sektor Pariwisata


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



Ekbis Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Ekbis

Berita Bali TV