Dampak Corona, OJK Keluarkan Kebijakan Bank Bisa Restrukturasi Kredit - Beritabali.com

Ekbis

Dampak Corona, OJK Keluarkan Kebijakan Bank Bisa Restrukturasi Kredit

Kamis, 19 Maret 2020 | 11:50 WITA

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Sebagai dampak dari penyebaran virus corona, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan beberapa kebijakan "Countercyclical" melalui Peraturan OJK tentang Stimulus Perekonomian Nasional. 
Dengan kebijakan ini, perbankan dapat merestrukturisasi kredit yang debiturnya terkena dampak penyebaran Covid-19, termasuk dalam hal ini adalah debitur Usaha Kecil Menengah (UKM).
"Kebijakan stimulus dimaksud terdiri dari penilaian kualitas kredit atau pembiayaan, atau penyediaan dana lain, hanya berdasarkan ketepatan pembayaran pokok dan atau bunga untuk kredit sampai dengan Rp 10 miliar," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Jumat (13/3/2020) lalu dikutip dari Tempo.co.
Dia mengatakan, bank dapat melakukan restrukturisasi untuk seluruh kredit/pembiayaan tanpa melihat batasan plafon kredit atau jenis debitur, termasuk debitur UMKM. 
"Kualitas kredit/pembiayaan yang dilakukan restrukturisasi ditetapkan lancar setelah direstrukturisasi," ujarnya.
Untuk debitur UMKM, kata Wimboh, bank juga dapat menerapkan penila
ian kualitas kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain berdasarkan ketepatan membayar pokok dan/atau bunga. Perbankan juga dapat melakukan restrukturisasi kredit/pembiayaan UMKM tersebut, dengan kualitas yang dapat langsung menjadi Lancar setelah dilakukan restrukturisasi kredit.
Adapun hal itu Wimboh sampaikan bersamaan dengan pengumuman paket stimulus jilid II untuk menangkis dampak Corona yang disampaikan pemerintah. OJK berharap kebijakan bisa memberikan kepercayaan kepada para pelaku pengusaha, baik pengusaha-pengusaha di sektor yang terkena secara langsung dan tidak langsung.
"Termasuk sebenarnya terkait para investor di pasar modal," kata dia.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Merekstrukturasi Kredit Otoritas Jasa Keuangan Dampak Corona


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



Ekbis Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Ekbis

Berita Bali TV