Pengrajin Gerabah Sulit Berproduksi Terkendala Musim Hujan - Beritabali.com

Ekbis

Pengrajin Gerabah Sulit Berproduksi Terkendala Musim Hujan

Kamis, 09 Januari 2020 | 14:45 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Musim penghujan pelaku usaha kerajinan gerabah khususnya di Banjar Basang Tamiang, Desa Kapal, Kabupaten Badung yang memproduksi kerajinan gerabah khusus untuk upakara adat Bali (Ngaben, Nganten dan Odalan) mengalami sedikit penurunan.
Seperti yang dialami salah satu pengrajin yakni Ketut Subrata. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena sinar matahari tidak sepenuhnya menyinari karena dihalangi mendung bahkan terjadi hujan. Sehingga, lanjutnya, dalam proses penjemuran sedikit mengalami kendala dan akan membutuhkan waktu yang agak lama dalam proses penjemurannya.
"Ya,tentu di musim penghujan ini proses produksi kami agak lambat. Sinar matahari tidak full ada, karena dalam proses pembuatan gerabah ini tentu membutuhkan sinar matahari," jelasnya.
Musim penghujan ini, diakuinya, jumlah produk yang dihasilkan mengalami penurunan dari rata-rata sebelum datang musim penghujan yang mampu menghasilkan 100 biji produk gerabah per hari.
"Jika panas bagus bisa 100 biji per hari bisa kami hasilkan. Dalam musim hujan ini kadang sampai tidak bisa bekerja, karena terkendala sinar matahari,"
ujarnya.
Adapun beberapa jenis kerajinan gerabah untuk upakara yang dihasilkan mulai dari jenis Coloblong, Jempere dan Caratan dengan harga dibandrol mulai dari Rp300 hingga Rp600  per biji. 
"Produk-produk yang kami hasilkan tersebut kami jual hampir di seluruh Bali. Yang biasanya dicari langsung oleh pengepul, misal ada dari Karangasem dan beberapa daerah lain di Bali," kata Subrata.

Penulis : Agung Gede Agung

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Pengrajin Gerabah Produksi Menurun Musim Hujan


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



Ekbis Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Ekbis

Berita Bali TV