Dana Pembebasan Lahan Tol Gilimanuk-Mengwi di Jembrana Dianggarkan Rp3 Triliun - Beritabali.com

Ekbis

Dana Pembebasan Lahan Tol Gilimanuk-Mengwi di Jembrana Dianggarkan Rp3 Triliun

Selasa, 08 Juni 2021 | 13:30 WITA
Dana Pembebasan Lahan Tol Gilimanuk-Mengwi di Jembrana Dianggarkan Rp3 Triliun

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Perencanaan pembangungunan jalan tol Gilimanuk - Mengwi kini sudah tahap pendataan dan sosialisasi ke masyarakat. Kali ini sosialisasi digelar di Kecamatan Melaya, Jembrana Senin (08/06/2021). 
Rencana pembangunan tol ini secara umum gerbang pertama berada di Gilimanuk dan menuju Mengwi di daerah Sembung. Tol Gilimanuk - Mengwi dalam perencanaannya, untuk Gilimanuk sampai Mengwi panjangnya yakni 96,21 km, sedangkan Jembrana sendiri sepanjang 55,2 km dari Gilimanuk sampai Pekutatan. 
"Hari ini kita lakukan tahap pertama yaitu sosialisasi dan pendataan awal di Melaya," ungkap Kepala Biro pemerintahan dan Kesra Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara. 
Ia juga menyampaikan untuk sosialisasi kali ini membentuk 2 (dua) tim, yaitu tim persiapan pengadaan tanah untuk kepentingan umum ruas jalan tol Gilimanuk - Mengwi Provinsi Bali. Mengenai penetapan skema setuju atau tidak belum dilakukan, hari ini sampai tgl 10 Juni 2021 dilakukan sosialisasi, satu hari 4 lokasi, untuk Jembrana sendiri dilewati jalan tol dari rencana sepanjang 96,21 km, dengan anggaran Rp3 triliun untuk dana pembebasan lahan. 
"Khusus Jembrana estimasi sosialisasi dari 7-10 juni 2021 selesai, kemudian menyusul kabupaten lain," paparnya. Sukra Negara juga menyampaikan bahwa proses pembangunan akan melalui banyak tahapan, ada beberapa tahap yang harus dilakukan, 
"Sosialisasi biar paham dan tahu terkait pembangunan tol, di data kepemilikan, setelah ini kita akan melakukan koreksi terhadap kepemilikan tanah, selanjutnya akan melakukan konsultasi publik. Setelah adanya Penlok (Penetapan dan lokasi), bapak/ibu tidak boleh melakukan jual beli tanah dari sekarang. Jadi sebelum penlok dikeluarkan kami harapkan warga melakukan konsultasi kepada Keluarga besar terlebih dahulu," imbuhnya. 
Sementara Camat Melaya I Putu Gede Oka Santika mengatakan, sejatinya program ini merupakan program dari dulu yang diinginkan masyarakat Jembrana.
"Karena warga sangat merasakan kroditnya jalan Denpasar/Gilimanuk, dengan adanya program ini kami berharap banyak, dan masyarakat yang terdampak mendukung program ini, kami dengan Bupati, Prebekel/Lurah sudah dipanggil oleh Bapak Gubernur memberikan dukungan tinggi, dan suport luar biasa program ini," ungkap Gede Oka.

Penulis : Kontributor Jembrana

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Tol Gilimanuk - Mengwi Jembrana Pembangunan Tol Denpasar/Gilimanuk


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV